Diberdayakan oleh Blogger.

.

Welcome Comments Pictures
RSS
Container Icon

Tips Memulai Usaha Jahitan sendiri

Tips memulai usaha Jahitan Sendiri
Ada beragam usaha yang kita bisa jalani jika ingin menjadi mompreneur, diantaranya adalah bisnis kue kering, katering, kerajinan tangan, jahitan dll. Tapi yang saya akan bahas kali ini adalah tips seputar membuka usaha menjahit, berhubung ini adalah usaha yang sedang saya jalani sekarang.
Sebelum memulai usaha menjahit atau buka jahitan baik itu berupa modiste atau konveksi, ada beberapa hal dasar yang harus kita miliki atau ketahui. Berikut bahasannya yaaa
Hal pertama yang harus kita miliki untuk membuka usaha menjahit tentunya adalah "ketrampilan menjahit". Keahlian ini bisa kita dapatkan melalui: 


a. Otodidak. Belajar menjahit otodidak bisa dilakukan melalui seraching artikel berkaitan dengan ketrampilan menjahit di internet, membuka youtube.com tuk mencari video menjahit, dan melalui membaca buku-buku ketrampilan menjahit. Keuntungan dari belajar secara otodidak adalah lebih murah bila dibandingkan kursus. Tapi keahliannya yang kita dapatkan pun sesuai dengarn harganya, yaitu pas-pasan. hehehe. Kalu untuk membuat kerajinan tangan bolehlah, tapi tuk tingkat mahir tentu gak akan bisa didapatkan secara otodidak. Dan juga lebih memakan waktu belajar yang lebih lama. nah itulah beberapa kelemahan belajar otodidak.
b. Kursus. Ternyata ada dua jenis tempat kursus yang bisa kita datangi. tempat kursus umum untuk konveksi dan modiste. Jika kita berniat untuk bekerja di konveksi bisa belajar di tempat kursus menjahit umum yang biasanya lulusannya disalurkan ke pabrik-pabrik konveksi. Tetapi, ketrampilan menjahit yang diajarkan juga tidak terlalu mendetail, seputar membuat pola blus2 dasar, rok, cara memotong cepat, menjahit dasar yang memang peruntukkannya untuk kebutuhan konveksi atau pabrik garmen. teknik-teknik detailnya juga sedikit berberda dengan modiste. Biasanya biaya kursusnya juga lebih murah.  Jika kita menginginkan ketrampilan profesional sebagai penjahit dan memiliki ketrampilan mahir menjahit, maka sebaiknya kita kursus di modiste yang membuka kursus, dan muridnya tidak terlalu banyak. selain gurunya lebih intens ke kita, banyak ilmu dan teknik menjahit akan dijelaskan secara detail disini. Belajar juga lebih mudah karena biasanya guru modiste menerangkan secara detail. Biaya untuk kursus menjahit di modiste tentu lebih mahal. Di Tangerang Selatan, kursus di modiste bisa mencapai 2juta per paketnya (blus saja hingga mahir kurang lebih 3 bulan). Alhamdulillah saya tinggal di Sragen, dan kursus di modiste hartati yang biayanya hanya Rp 800ribu hingga mahir semuanya (rok, blus, mukena, gaun, gamis, dll). Untuk pola blus saja saya bisa mempelajari hingga hampir 70 jenis blus disini. murah dan berkualitas loh, recommended buat yang tinggal di sragen.

Hal kedua yang harus kita miliki saat membuka usaha jahitan adalah mesin jahit. Belilah mesin jahit yang awet dan bisa menjahit segala jenis bahan seperti sifon, kain blacu, bahan kaos hingga jeans. Jika ingin menjahit sekedar variasi atau kerajinan, mesin jahit portable bisa dipilih, selain lebih murah, tampilannya keren dan cara memakainya lebih mudah. Tapi biasanya mesin jahit portable yang ringan apalgi gak merk terkenal biasanya dalemannya/ mesinnya hanya dari plastik atau besi kosong. Jika digunakan pada bahan yang tebal seperti celana pria maka akan terdengar bunyi gajluk-gajluk, dan bila dipaksakan bisa bengkok besinya. Mesin jahit gak masalah baru atau second yang penting kualitas mesinnya bagus dan kuat, dan harus terdiri dari komponen besi. Bahkan biasanya mesin lama itu bisa lebih awet dan lebih bagus dari mesin2 baru sekarang. Walaupun mesin baru tentunya lebih praktis saat memakainya. So, terserah bunda saja mau pilih yang mana. Mesin jahit pertama saya adalaha mesin jahit portable, tapi karena kesulitan saat menjahit bahan kaos, spandek, atau rayon jadi saya beli lagi mesin jahit singer lama yang bisa untuk menjahit segala jenis bahan hingga jeans. Ingat, mesin jahit yang bagus biasanya lebih halus, jadi saat datang ke toko cobalah beberapa mesin, lalu rasakan manakah yang mesinnya paling halus.

Hal ketiga adalah mesin obras. Untuk merapikan hasil jahitan dan memperkuat agar bahan tidak terurai dibutuhkan obrasan. Cari mesin obras yang terbuat dari besi isi yang berat, berkualitas dan halus mesinnya. Oiya untuk jenis obrasan ada obrasan halus dan ada juga obrasan besar. Umumnya mesin obras dibuat untuk obras besar (untuk merapikan jahitan dan memperkuat jahitan baju) dan untuk obras halus (ujung kerudung, pinggiran bawah gorden) mesin obras perlu di stel ulang oleh teknisi mesin jahit, alat tambahannya seharga Rp 60ribu. Merk yang saya rekomendasikan buat mesin obras adalah merk Pegasus.

Hal keempat adalah alat-alat menjahit seperti:
a.rader (untuk membuat garis jahit pada bahan)






b. Pendedel (untuk mendedel jahitan yang salah)







c. Meteran (untul mengukur badan)









c. kertas karbon (untuk menjiplak pola koran diatas bahan)









d. penggaris siku (untuk menggaris lurus dan lengkungnya untuk membuat lengkung  lubang lengan dan leher) dan penggaris serong (untuk membuat pinggul saat membuat rok, gaun atau celana)









e. Kapur jahit (untuk menggaris bahan yang akan digunting, biasanya dilebihkan 1  s/d 3 cm dari polanya)









f. pencil glass (untuk menggambar pola perbaikan, dll pada bahan)





g. benang obras (berbeda dengan benang jahit, tekstunya lebih halus)









h. benang jahit aneka warna 









i. jarum jahit









j. Jarum pentul (untuk menahan pola/ bahan agar tidak bergeser, belilah jarum pentul jepang yang ada dalam kemasan bungkus isi 100/ 50 biji- murah kok, bukan jarum pentul biasa yg dijual pada lingkaran karena biasanya tidak tajam) ini tempat jarumnya saya bikin sendiri looh .









k. Gunting (pisahkan antara gunting untuk menggunting kertas pola dan gunting untuk menggunting bahan, pilih yang stainles steel padat seperti gunting hitam ini)










Dan terakhir adalah  bahan kain, untuk jenis-jenis kain akan dijelaskan pada artikel selanjutnya yaaa. oiya untuk memulai usaha jahitan ini yang paling pentinng adalah semangat, jangan pernah putus asa atau bosan dalam belajar. So, Good luck, friends.
By Wenny Tri, A

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

19 komentar:

navita lembaga mengatakan...

Kursus Yogyakarta
Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
LPK NAVITA

Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Bordir, Tas, Batik, Sulam Pita, Payet, Kreasi

Flanel, Aplikasi Kain Perca

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 250rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326/7142055

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin bb : 75F08617

Kursus Menjahit

Lea Kim mengatakan...

thanks mba infonya bermanfaat semoga ini bisa menjadi amalan mba dunia akhirat

Reni Eka mengatakan...

mba cint mau donk saya diajarin memulai bisnin nyaa ^_^

Reni Eka mengatakan...

Aku lagi mengebu-gebu bingittt mo memuali usaha konveksi tapiii :'( aq Nol bingit masalah jahi mnjahit... gmn cara memulai nya? Apa ajah yg harus aku lakukan pertma kali ? apa kudu kursus dulu biar mahir? Sdangkan Rencana mo mmperkerjakan karyawan saja untuk usaha konveksi Aq...

Sutopo Sasuke mengatakan...

Terima kasih informasinya mas mengenai tips memulai usaha jahitan sendiri ..
sangat membantu sekali ..
http://miraclekonveksi.com/

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Nice info.. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Sangat menginspirasi.. Regards : Fitinline..

sef triastanti mengatakan...

Modiste hartati alamatnya mana ya... pgn tau nih soale aq dr sragen jg.. tks

sef triastanti mengatakan...

Modiste hartati alamatnya mana ya... pgn tau nih soale aq dr sragen jg.. tks

NadiaImtihan mengatakan...

Nyimak...mau tau juga alamat lengkap modiste hartati

Tiya Taylor mengatakan...

info menarik coba saya dekat pasti belajar disana boleh infokan mbak rincian kursus dari biaya metode dan jadwalnya

Tiya Taylor mengatakan...

info menarik coba saya dekat pasti belajar disana boleh infokan mbak rincian kursus dari biaya metode dan jadwalnya

Unknown mengatakan...

Iyaa nyimak jg nih pengen tau kursus hartati

Desta Rizky mengatakan...

Jl. Hasanudin No. 2 dpn transito / timur per4an bangjo Taman Asri,Sragen

Desta Rizky mengatakan...

Alamatnya di Jl. Hasanudin No. 2 timur per4an bangjo transito sragen

Desta Rizky mengatakan...

Alamatnya di Jl. Hasanudin No. 2 timur per4an bangjo transito sragen

Desta Rizky mengatakan...

Jl. Hasanudin No. 2 dpn transito / timur per4an bangjo Taman Asri,Sragen

Sukma Mamo mengatakan...

Kalau cowok bleh ikut kursus gak ?

Hella Hadil mengatakan...

Ada yang tau tempat kursus menjahit kilat yang murah khusus gamis, jilbab dan mukena murah di sekitar pamulang, ciputat, parung ?
Jika tau bantu info ya...
081297442728

Web Design Malang mengatakan...

Seragam Bandung
Produksi Boneka

Posting Komentar