Diberdayakan oleh Blogger.

.

Welcome Comments Pictures
RSS
Container Icon

Tanda-Tanda Persalinan

Assalamu'alaikum bunda semua, kali ini saya mau sharing tentang tanda-tanda dimulainya proses persalinan normal. Ini berdasarkan pengalaman persalinan putra kedua saya yang berjalan normal dan alhamdulillah tanpa hambatan. Semoga sharing saya bisa bermanfaat bagi calon bunda semua. selamat membaca yaa.

Tanda-tanda persalinan saya sudah dimulai sejak minggu ke 36 atau bulan ke 9. Dimulai dengan seringnya mulas atau keinginan ke kamar mandi yang lebih sering, bisa sehari hingga 4 kali dan seringnya terjadi kontraksi palsu, atau perut menegang terutama di pagi hari. Tanda lainnya adalah sakit atau ngilu di sekitar kemaluan, hal ini juga bisa dikarenakan terlalu lelah atau terlalu banyak duduk.
Tanda-tanda tersebut masih merupakan  tanda awal persalinan, dan dari tanda-tanda tersebut saya masih harus menunggu sekitar 11 hari untuk persalinan. Bunda sebaiknya perbanyak jalan santai di pagi atau sore hari. Jangan membawa beban terlalu berat atau mengepel di lantai sambil berjongkok karena bisa menekan daerah rahim. Ini berdasarkan  pengalaman saya pada persalinan putra pertama, banyak yang menyarankan untuk menggotong air di ember atau mengepel lantai sambil berjongkok, tapi yang terjadi malah air ketuban saya pecah tanpa adanya pembukaan, akhirnya harus dipacu untuk merangsang pembukaan.

Oke kita lanjut pada tanda-tanda persalinan di H-5. Flek darah mulai muncul 5 hari sebelum persalinan sebelumnya, tentunya bisa berbeda bagi tiap orang yaa. Dan pada H-3 atau tiga hari sebelum persalinan keluar lendir kental bening, menurut dokter itu adalah sumbat jalan persalinan yang terletak dipangkal rahim dalam untuk mencegah bayi turun ke jalan lahir. Dengan keluarnya lendir ini pertanda persalinan atau kelahiran bayi makin dekat. 

Dan akhirnya hari persalinan pun tiba. Mulai 12 jam terakhir, rasa mulas seperti buang air besar makin sering terjadi sekitar 3 atau 2 jam sekali. Rasa mulas makin terasa di bawah perut. Saat pembukaan 1 artinya jalan lahir mulai terbuka 1 cm, rasa mulas bisa terasa setiap 2 atau 1 jam sekali dan ke pembukaan selanjutnya  bisa berlangsung beberapa jam dan bisa lebih lama bahkan 1 atau 2 hari untuk ke pembukaan selanjutnya untuk kelahiran anak pertama, namun untuk kelahiran anak kedua bisa lebih cepat. Dua jam terakhir dari awal pembukaan 3 rasa mulas terasa makin sering sekitar setengah jam sekali terkadanga ada rasa sakit di pinggang belakang dan terasa nyaman bila ditekan dengan tangan atau dipijit dibagian tersebut. . Pembukaan selanjutnya bisa sangat cepat, untuk saya dari pembukaan 3 ke pembukaan sempurna hanya butuh waktu 1.5 jam. Dan dimulailah proses mengejan. 

Ingat ya bunda, mengejanlah ketika rasa mulas seperti baba terasa sangat kuat dan ada tekanan di daerah kemaluan yang artinya kepala bayi sudah berada dipintu lahir. Kerahkan tenaga sekuat mungking untuk mengejan, tahan suara agar tenaga lebih kuat, dan lahirlah si bayi yang lucu dang menggemaskan. Hal penting yang harus diingat sepanjang proses melahirkan adalah perbanyak berdo'a agar dimudahkan oleh Allah SWT proses persalinan kita. Semoga bunda atau calon bunda bisa melahirkan dengan mudah dan normal. oiya saat menulis ini, putra kedua saya telah berumur 5 bulan 5 hari, mohon maaf jika ada detil yang terlupa. 

Salam sayang untuk semua bunda yang telah berani berjuang untuk mengandung dan melahirkan anak-anaknya. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar