Diberdayakan oleh Blogger.

.

Welcome Comments Pictures
RSS
Container Icon

Perawatan untuk Bunda pasca melahirkan

Assalamu'alaikum, apa kabar bunda semua, semoga sehat selalu. Bunda semua, ini foto saya ketika baru melahirkan putra kedua saya. Saya lagi menjemur debay di bawah mentari pagi yang lembut. Cuma sebentar saja loh bun, sekitar 10 menit saja. Nah pada artikel kali ini saya mau berbagi tips tentang perawatan pasca melahirkan bagi bunda. Semoga bermanfaat.


Bunda, setelah melahirkan, terutam di jam-jam pertama seteah melahirkan, pastilah badan kita terasa sangat lemas dan lemah, bahkan saya merasakan kantuk yang luar biasa. Nah untuk menambah stamina saya, ibu saya memberikan telur ayam kampung sekitar 3 butir sekaligus, telur ayam kampung itu setengah matang, tetapi bisa juga kalau suka kuning telurnya dicampur madu lalu langsung dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Saya juga banyak minum sari kacang hijau dan susu, karena masih terlalu lelah untuk makan. Alhamdulillah asi sudah keluar walau belum terlalu banyak. Mungkin karena saya masih lemah.

Saya melahirkan pukul 3 sore, keesokan paginya, saya makan bubur nasi ditambah sari kacang hijau untuk memperbanyak asi. Siangnya saya sudah pulang ke rumah karena dianggap sudah stabil kondisinya oleh bidan. Nah selanjutnya perawatan diri sendirpun dimulai, berikut beberapa tips perawatan untuk bunda:
 1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, dengan air hangat,   sebab pasca melahirkan kondisi tubuh cenderung melemah. Gunakan tapel (sejenis jamu) untuk menghangatkan bagian perut bisa juga diganti dengan kayu putih pada bagian perut lalu balut perut dengan stagen atau korset, agar perut terjaga kondisinya. 

2. Bunda yang baru melahirkan cenderung lebih banyak berkeringat, gantilah baju dengan yang baru bila baju mulai basah, apalgi bila air asi yang meluber dan terkadang membasahi baju segeralah ganti baju.

3. Makan makanan yang lunak bila bunda sering terkena sembelit atau untuk mencegah wasir sehingga feses atau tinja lebih lunak dan mudah dikeluarkan pada minggu pertama melahirkan. Disarankan makan oatmeal, gandum yang kaya serat sangat baik untuk mencegah sembelit.

4. Perbanyak konsusmsi air putih hangat, susu, sari kacang hijau dan sari kacang kedelai agar asi lancar dan hangat. Baik untuk bayi, apalagi untuk ibu yang banyak mengeluarkan cairan saat berkeringat dan menyusui.

5. Perbanyak makan sayur berkuah dan sayuran hijau seperti bayam, daun katuk dan lainnya. Tunda dulu makanan bersantannya ya. 

6. Hindari minuman dingin. Kasihan adik bayinya ya bun. Walaupun asi itu terjaga terus kondisi suhunya, tetap hindari dulu minuman digin agar bunda fit. Jika bunda sakit, maka bayipun akan terkena dampaknya pula.

7. Kompres dengan air hangat payudara yang membengkak (biasanya terjadi 3 hari setelah melahirkan, pertanda payudara sedang memproduksi asi untuk kebutuhan bayi). Sedot dengan penyedot asi bila payudara membengkak dan bayi belum bisa minum banyak. pijat perlahan memutar juga bisa membantu melancarkan asi dan mengurangi pembengkakan.

8. Puting yang perih ketika baru saja dihisap bayi, bisa diberi minyak pelembab untuk mengurangi nyeri atau dikompres dengan teh celup basah. Sabar ya bun, tahan sedikit perihnya demi si bayi, dua atau tiga hari juga sudah tidak terasa lagi.

9. Lakukan peregangan ringan agar badan tidak kaku. 

10. Jangan banyak bergerak 3 hari pertama agar bekas jahitan tidak robek bila bunda mengalami robekan dan harus dijahit ketika melahirkan normal, untuk caesar proses pemulihan bisa lebih lama.

11. Banyak makan kacang-kacangan, sepeti kacang merah, kacang hijau agar produksi asi banyak dan berlimpah.

12. Rutin mengganti pembalut, jika pembalut sudah terasa lembab oleh darah nifas segera cuci kemaluan dan ganti pembalut yang baru.

Ingat ya bunda, jaga kebersihan dan konsumsi makanan sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup agar ibu dan bayi bisa sehat. Alahmdulillah produksi asi yang bisa berlimpah dan bayi bisa tumbuh cepat bahkan gendut walaupun hanya konsumsi asi saja. Semoga bisa memberika asi eksklusif bagi bayi saya. Bayi saya sekarang masih 5 bulan tinggal 1 bulan lagi masa eksklusif bayi saya. semoga bunda juga selalu sehat dan bisa merawat dede bayi bunda dengan sebaiknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar